Usaha jasa jahitan kita masih skala rumahan dan masih dikerjakan sendiri??? Hal tersebut bukan alasan untuk tidak membuat administrasi usaha kita. Sekecil apapun usaha yang kita jalani, hendaknya dikerjakan dengan serius, rapi dan profesional. Salah satunya dengan mencatat segala transaksi mengenai usaha kita semisal mencatat order yang masuk, membuat surat pemesanan, membuat invoice untuk setiap order yang sudah selesai, stock bahan, stock accessories jahit, dll.
Berikut akan saya contohkan administrasi sederhana yang saya buat untuk usaha jasa jahit saya :
Manfaat dari catatan tersebut adalah :
1. Mendisiplinkan diri untuk bekerja sesuai tanggal yang sudah ditentukan
2. Menjaga kepercayaan customer karena kita menangani order secara profesional
3. Mengukur kemampuan produksi demi menjaga kepercayaan customer.
Dengan memasukan setiap order yang kita terima ke dalam data maka kita akan tahu kemampuan produksi kita, dan kita bisa memberi tahu kepada calon customer perkiraan order miliknya bisa kita kerjakan di tanggal berapa. Supaya customer tidak bertanya-tanya kapan sekiranya kain miliknya akan dijahit.Serahkan keputusan kepada calon customer, bila kenyataannya order yang kita terima sudah penuh hingga 3 bulan ke depan misalnya, serahkan kepada calon cutomer apakah tetap mau menjahitkan baju di tempat kita dengan masuk antrian di bulan ke empat, atau boleh memilih menjahitkan ditempat lain.
Semoga bermanfaat ;)